Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku dan Jurnal yang Benar Beserta Contohnya 2023

Biofarmaka – Artikel ini akan membahas tentang Cara Penulisan Daftar Pustaka. Daftar pustaka merupakan daftar semua sumber yang digunakan dalam penelitian atau penulisan karya ilmiah. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa karya tersebut didukung oleh referensi dan rujukan dari orang lain. Isi dari daftar pustaka harus mencakup nama penulis, tahun terbit, judul karya, nama penerbit, dan tanggal salinan diterbitkan. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari bukujurnal, dan sumber internet.

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Untuk penulisan daftar pustaka dari buku, format yang digunakan meliputi nama penulis, tahun terbit, judul buku, dan penerbit. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari buku:

Nama PenulisTahun TerbitJudul BukuPenerbit
Zaenab, Siti2013Komunikasi Massa Sebuah Pengantar Manajemen KomunikasiSidoarjo: Zifatama Publishing

Penulisan daftar pustaka dari buku harus memuat informasi yang lengkap dan akurat, seperti yang tercantum dalam contoh di atas. Format ini akan membantu memberikan referensi yang jelas mengenai buku yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

Adapun penulisan daftar pustaka dari buku juga harus memperhatikan aturan penulisan nama penulis, tahun terbit, dan judul buku dengan tepat. Detail seperti penerbit dan tempat penerbitan juga perlu dicantumkan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pembaca.

Cara Penulisan Daftar Pustaka

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal

Untuk penulisan daftar pustaka dari jurnal, formatnya adalah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume jurnal (issue atau nomor), dan halaman.

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal:

Nama PenulisTahun TerbitJudul ArtikelNama JurnalVolume (Issue/Nomor)Halaman
Agustini, N. A.2018Pengaruh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasiJurnal Komunikasi Pembangunan16(1)89-108

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal:

  1. Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (2018). Pengaruh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 89-108.
Cara Penulisan Daftar Pustaka

Demikianlah cara penulisan daftar pustaka dari jurnal. Dengan mengikuti format yang telah disebutkan, Anda dapat menyusun referensi dari jurnal dengan benar dan terstruktur. Pastikan mencantumkan semua informasi yang diperlukan agar dapat memberikan rujukan yang akurat dan lengkap dalam karya ilmiah Anda.

Baca Juga Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah 2023

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Untuk penulisan daftar pustaka dari sumber internet, penting untuk mencantumkan informasi yang relevan dan akurat. Berikut adalah cara penulisan daftar pustaka dari internet beserta contoh-contohnya:

Contoh 1: Artikel dari Jurnal Elektronik

Penulis: Smith, A. B., & Johnson, C. (2020). Tahun Terbit: 2020. Judul Artikel: The Impact of Social Media on Teenagers’ Mental Health. Nama Jurnal: Journal of Adolescent Psychology. Volume: 25. Halaman: 45-60. Tautan: [masukkan tautan atau URL artikel di sini]

Contoh 2: Website atau Blog

Penulis: Johnson, R. Tahun Terbit: 2018. Judul Artikel: The Benefits of Yoga for Stress Relief. Nama Website: Health and Wellness Today. Tanggal Akses: 15 Juli 2018. Tautan: [masukkan tautan atau URL artikel di sini]

Contoh 3: Laporan atau Whitepaper

Penulis: Davis, M., & Thompson, L. Tahun Terbit: 2019. Judul Laporan: The Future of Renewable Energy in Indonesia. Nama Organisasi: Institute for Sustainable Development. Tautan: [masukkan tautan atau URL laporan di sini]

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet
Smith, A. B., & Johnson, C. (2020). The Impact of Social Media on Teenagers’ Mental Health. Journal of Adolescent Psychology, 25, 45-60. [masukkan tautan atau URL artikel di sini]
Johnson, R. (2018). The Benefits of Yoga for Stress Relief. Health and Wellness Today. [masukkan tautan atau URL artikel di sini]
Davis, M., & Thompson, L. (2019). The Future of Renewable Energy in Indonesia. Institute for Sustainable Development. [masukkan tautan atau URL laporan di sini]

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel

Untuk penulisan daftar pustaka dari artikel, formatnya adalah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama media, tanggal akses, dan tautan.

Contoh:

Nama PenulisTahun TerbitJudul ArtikelNama MediaTanggal AksesTautan
Bahtiar Rifa’i2023Eks Dirut Krakatau Steel Banding Usai Divonis 5 Tahun di Kasus KorupsidetikNews1 Agustus 2023https://news.detik.com/berita/d-6853334/eks-dirut-krakatau-steel-banding-usai-divonis-5-tahun-di-kasus-korupsi

Penulisan daftar pustaka dari artikel penting untuk mencantumkan informasi yang cukup, seperti nama penulis, judul artikel, nama media, serta tanggal akses. Tautan juga perlu disertakan agar pembaca dapat mengakses artikel secara langsung. Dengan mengikuti format yang benar, daftar pustaka dari artikel akan membantu mendukung keaslian dan keakuratan karya ilmiah yang dihasilkan.

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Skripsi, Tesis, atau Disertasi

Penulisan daftar pustaka dari skripsitesis, atau disertasi membutuhkan format yang khusus untuk mencantumkan semua informasi yang relevan. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari jenis karya tersebut:

Contoh Daftar Pustaka dari Skripsi:

Nama PenulisTahun TerbitJudul KaryaJenis KaryaNama Perguruan TinggiTautan (jika ada)
Febrizal R.2017Pengembangan Metode Pengukuran Tingkat Kematangan Buah Jambu Kristal Menggunakan Pengolahan CitraSkripsiInstitut Pertanian Bogor(tidak ada tautan)

Contoh di atas menunjukkan format penulisan daftar pustaka dari skripsi, dimana mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya, jenis karya (dalam hal ini adalah skripsi), nama perguruan tinggi, dan tautan (jika ada).

Contoh Daftar Pustaka dari Tesis:

Nama PenulisTahun TerbitJudul KaryaJenis KaryaNama Perguruan TinggiTautan (jika ada)
[Nama Penulis][Tahun Terbit][Judul Karya]Tesis[Nama Perguruan Tinggi](tidak ada tautan)

Contoh di atas menunjukkan format penulisan daftar pustaka dari tesis, dimana mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya, jenis karya (dalam hal ini adalah tesis), nama perguruan tinggi, dan tautan (jika ada).

Contoh Daftar Pustaka dari Disertasi:

Nama PenulisTahun TerbitJudul KaryaJenis KaryaNama Perguruan TinggiTautan (jika ada)
[Nama Penulis][Tahun Terbit][Judul Karya]Disertasi[Nama Perguruan Tinggi](tidak ada tautan)

Contoh di atas menunjukkan format penulisan daftar pustaka dari disertasi, dimana mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya, jenis karya (dalam hal ini adalah disertasi), nama perguruan tinggi, dan tautan (jika ada).

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Media Sosial, PowerPoint, dan Lainnya

Penulisan daftar pustaka tidak hanya terbatas pada buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis, atau disertasi. Saat ini, sumber informasi dari media sosial dan presentasi PowerPoint juga sering digunakan dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah. Berikut adalah panduan untuk cara penulisan daftar pustaka dari media sosialPowerPoint, dan sumber lainnya:

Cara Penulisan Daftar Pustaka

1. Media Sosial

Untuk mencantumkan media sosial dalam daftar pustaka, formatnya harus mencakup nama akun, tanggal unggahan, judul unggahan, dan tautan. Contoh:

Nama AkunTanggal UnggahanJudul UnggahanTautan
@johnsmith12 Mei 2022Pentingnya Lingkungan Bersihhttps://instagram.com/p/abcdefg

2. PowerPoint

Untuk mencantumkan presentasi PowerPoint, formatnya harus disesuaikan dengan materi yang ada. Pastikan untuk mencantumkan nama pengarang, judul presentasi, jenis media (misalnya Slide PowerPoint), dan institusi yang berkaitan. Contoh:

Nama PengarangJudul PresentasiJenis MediaInstitusi
Jane DoePertemuan Kedua: Dasar-Dasar Public SpeakingSlide PowerPointInstitut Komunikasi Jakarta

Demi keakuratan dan integritas penelitian, penting untuk mencantumkan semua sumber yang digunakan, termasuk media sosial dan presentasi PowerPoint. Mengikuti format yang benar dan memberikan informasi yang lengkap akan membantu pembaca mengakses sumber-sumber tersebut secara tepat.

Kesimpulan

Penulisan daftar pustaka yang benar merupakan bagian penting dalam menyelesaikan karya ilmiah. Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas cara penulisan daftar pustaka dari berbagai jenis sumber seperti buku, jurnal, internet, artikel, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber lainnya. Memahami format yang tepat dan mencantumkan informasi yang diperlukan akan meningkatkan kualitas karya akademik.

Contoh-contoh penulisan daftar pustaka yang telah disediakan dapat menjadi panduan bagi penulis untuk mengacu dan memastikan bahwa daftar pustaka yang dibuat sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam contoh-contoh tersebut, terdapat berbagai format yang telah dijelaskan, seperti mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya, nama penerbit, dan lain-lain.

Menggunakan referensi dan rujukan yang tepat juga akan memberikan kepercayaan kepada pembaca bahwa karya yang ditulis didukung oleh sumber yang valid dan terpercaya. Dengan memperhatikan penulisan daftar pustaka yang benar, penulis juga menunjukkan integritas dan tanggung jawabnya dalam menyajikan informasi yang akurat.

Jadi, dalam penulisan daftar pustaka, penting untuk mengikuti format yang sesuai dan mencantumkan semua informasi yang diperlukan. Dengan melakukan hal ini, kita dapat meningkatkan kualitas karya akademik dan memberikan penghormatan kepada para penulis dan sumber yang telah memberikan kontribusi dalam penelitian atau penulisan kita.